Sabtu, 16 Maret 2013

Kali Linux dan MonoDevelop

ada penerus Backtrack , namanya Kali Linux ( http://www.kali.org/ ) . saya download yg mini iso . ini yg versi minimalis nya. interface nya cuma berupa text mode. tapi cocok banget buat gue yg mau belajar text mode dan nggak mau tergantung sama GUI. soalnya udah sering banget makai OS yg ada GUI nya di windows. ingin mahir juga menggunakan OS tanpa GUI, kayak zaman DOS dulu.

aplikasinya Kali yg mini ISO juga mesti diinstal sendiri. enaknya kita bisa instal software yg kita butuhkan aja. nggak kayak Backtrack GNOME, yg banyak banget tools nya. padahal nggak semua tools itu kita mampu pakai atau pelajari.


kemarin-kemarin tuh belajar pemrograman C# pakai Visual Studio 2010 di Windows 7. tapi sekarang udah pakai monodevelop di Ubuntu 12.04 . jadinya sekarang malah lebih seringan pakai monodeveop untuk belajar bikin aplikasi database yg client - server. soalnya penasaran mau bisa bikin aplikasi yg ada GUI nya di Linux.

5 komentar:

  1. Apakah Monodevelop itu ada GUI Builder-nya seperti Matisse gitu, Kang? Menurut akang sendiri, apa bedanya memakai Kali dengan Backtrack?

    (Saya masih sedikit penasaran dengan nama Kali (mirip Sungai))

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau soal GUI Builder saya masih kurang faham apa yg dimaksud dengan GUI Builder, kalau saya lihat sih Monodevelop itu mirip saja dengan Visual Studio .Net dalam hal perancangan tampilan GUI aplikasi yg kita buat.

      kalau Matisse terus terang saya belum pernah nyoba.


      kalau soal Backtrack & Kali, menurut saya sama saja. nggak ada bedanya.cuma basis distro nya saja yg berbeda. Backtrack menggunakan ubuntu & Kali menggunakan Debian.

      kalau nama Kali menurut saya lebih condong ke nama dewa dalam kepercayaan agama Hindu. dikarenakan siftnya yg seram, jadi menurut saya lebih cocok ke arah nama dewa itu.

      Terimakasih ya sudah berkunjung & kasih komen di Blog saya

      Hapus
    2. om nathaniel salam kenal yoo....... banyakk perbedaaan antara backtrack dan kali... apalgi di axioo saya ne waktu pake backtrack r1,r2,r3 banyak yg kurang support... tapi kali linux.....menjawab masalah2 yg ada di lepi ane hehheee... stable dan powerfulll..... dalam penggunaaan kali linux lebih sulit daripada backtrack untuk pemula seperti saya dan teman2 disarankan menggunakan backtrack.....

      Hapus
    3. salam kenal juga. terimakasih ya udah berkunjung ke blog ku. silahkan kasih-kasih komentar. kita jadikan blog ini sebagai tempat diskusi dan berbagi pengetahuan juga.

      kalau saya pakai Kali Linux yg Mini ISO, tanpa GUI , cuma pakai CLI doang

      Hapus
  2. Ooh, kalau akang pakai Netbeans, klik kanan di Package lalu New > JFrame, otomatis Matisse akan terbuka. Dan bisa drag and drop untuk membangun GUI. Dengan cara ini, saya bisa membuat aplikasi GUI sendiri.

    Saya dulu tertarik dengan Visual Basic, sangat. Karena bisa drag and drop untuk membuat aplikasi. Eh, harganya 2000 dolar. Patahlah hati saya :) Saya senang ada inovasi seperti Mono, Kang. Ini jelas-jelas memudahkan semua programer Linux.

    Jangan khawatir, dengan senang hati kok, Kang.

    BalasHapus