Minggu, 11 November 2012

Kegiatan Belajar Linux

nulis artikel ini sebentar. nulis dulu supaya nggak lupa mengisi blog ini. karena siapa tau ada yg membutuhkan blog ini selain saya sendiri. saya butuh blog ini sebagai catatan online saya mengenai ilmu-ilmu Linux yg sedang & sudah saya pelajari. jadi kalau lagi hacking linux & lupa ilmunya, maka saya bisa mengakses catatan di blog ini dari mana saja.

agaknya saya sudah lebih lancar menggunakan Backtrack dari text mode atau terminal nya. jadi menjelajah lebih dalam mengenai OS Backtrack lewat CLI, ketimbang tergoda untuk utak-atik lewat tampilan GUI nya. jadi lebih faham soal Backtrack & Linux pada umumnya.

saya ingin menggunakan Linux untuk jaringan backend, sementara ingin juga sih bikin aplikasi Linux untuk frontend, yaitu di dekstop Linux. cuma untuk saat ini saya lebih fokus ke CLI nya, belajar nulis script. sedang belajar Bash, Python, Perl. untuk bahasa yg pakai compiler, yah sementara belajar bahasa C aja dulu. alasannya karena nggak perlu instal lagi compiler & debugger nya, udah bawaannya Linux. lagipula si bahasa C merupakan bahasa native sistem operasi Linux.

awalnya , baik yg bahasa script maupun bahasa C, dipakai untuk belajar bikin program console aja, yg bisa dijalankan di CLI. nanti kalau udah mahir, baru bikin aplikasi yg pakai GUI, misalnya memanfaatkan Glade atau Qt. ingin develop di platform Gnome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar